animasi bergerak gif
Gaara

Senin, 01 April 2013

fenomena atmosfer sebagai atap yang terpelihara

subhanallah wal hamdulillah..!!

salah satu faktor yang menjadikan planet tempat tinggal kita, planet Bumi, dapat dihuni ialah karena adanya lapisan pelindung yang disebut atmosfer. Atmosfer berfungsi untuk melingkupi dan melindungi Bumi dari berbagai ancaman luar angkasa, seperti adanya kemungkinan bertabrakan dengan meteorid maupun benda-benda luar angkasa lainnya.
bila kita lihat ke belakang, jauh sekali sejak abad ke 7 M, alQuran telah menjelaskan fenomena tentang atmosfer Bumi sebagai atap yang terpelihara, sedangkan para ilmuwan baru menemukan fakta ini pada abad 20 M.

وَجَعَلْنَا السَّمَاءَ سَقْفًا مَحْفُوظًا ۖ وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ
Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. (QS. alAnbiya : 32)

yang perlu kita tafakuri, apa jadinya kalau Bumi tidak memiliki atmosfer?
pasti jutaan benda luar angkasa akan jatuh ke Bumi sehingga menjadikan Bumi tempat yang tidak dapat dihuni.
selain atmosfer, Bumi juga dilindungi oleh sabuk van allen yang tercipta akibat inti Bumi yang terdiri atas unsur nikel dan besi. hal ini menyebabkan timbulnya medan magnet yang besar melingkupi Bumi dan berfungsi sebagai perisai melawan radiasi berbahaya dari matahari secara terus menerus yang mengancam kehidupan makhluk hidup.
sabuk van allen merupakan ni'mat Allah yang patut disyukuri, meski keberadaannya sendiri masih belum banyak diketahui manusia. satu-satunya planet berbatu yang berkemungkinan memiliki medan magnet seperti Bumi ialah Merkurius. namun, kekuatan medan magnetnya 100 kali lebih kecil dari Bumi. sedangkan planet yang disebut sebagai kembaran Bumi, planet Venus, sama sekali tidak  memiliki medan magnet.

*pernah jadii bahan pidato pas bai'at hari Kamis di BIUBS ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar