animasi bergerak gif
Gaara

Senin, 30 Desember 2013

One of My Dreams : Go to CASA



Lama sudah terpendam jurnal yang kutulis sekitar 2 tahun yang lalu, ketika untuk pertama kalinya aku mengetahui CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) PPMI Assalaam Surakarta.
dan untuk pertama kalinya membuka, melihat dan membaca blog CASA, sukses membuat hatiku berdesir-desir merinding begitu inginnya aku kesana. Begitu inginnya pula menjadikan pesantrenku agar bisa seperti Assalaam yang memiliki CASA.
Betapa kuat dan menggebunya semangatku untuk bisa mengembangkan keilmuan falak/astronomi. Pesantrenku tercinta memiliki kurikulum Ilmu Falak, pun memiliki sebuah teropong bintang, maka tunggu apalagi..? begitu pikirku akhirnya, demi kemaslahatan umat.

dan Allah mendengar inginku..
sedikit demi sedikit dibukanya jalan hidupku yang sebelumnya masih berupa episode rahasia dalam skenario rahasia pula.
ilmu Falak kini tengah kujalani, maka aku sama sekali pantang untuk menyia-nyiakannya.
rangkaian demi rangkaian asaku, mulai kujalani, dimulai dengan mengikuti Sidang Itsbat penentuan 1 Dzulhijjah secara langsung (yang selama ini sebelumnya hanya bisa aku tonton di televisi), bertemu dengan orang-orang hebat para pakar astronomi dan ilmu Falak, mengikuti kegiatan-kegiatan keilmuan ilmu Falak.. yang kesemuanya dengan kekuasaanNya, melalui perantara dosenku tercinta, bapak Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag..
dan tepat tanggal 28 Desember kemarin, dengan kekuasaanNya pula, dan melalui perantara dosenku tercinta pula, bapak Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag, aku bisa menginjakkan kakiku untuk pertama kalinya di PPMI Assalaam, juga di Observatorium CASA.. subhanallah.. alhamdulillah..
disana aku mengikuti Lokakarya dan Silaturrahmi Komunitas Ilmu Falak se-Indonesia, bertemu dengan para ahli Falak se-Indonesia.. syukur alhamdulillah.. aku benar-benar terharu..
yang sangat berkesan bagiku adalah aku bisa bertemu dengan pak Drs. AR. Sugeng Riyadi atau yang lebih akrab disapa pak AR secara langsung, setelah sekian lama aku hanya bisa melihatnya melalui blog CASA. juga aku bertemu dengan mas Nur Hidayatullah, seorang alumnus ilmu Falak IAIN Walisongo, yang kini berdomisili di Kalimantan. Dulu ketika pertama kali sebelum aku masuk di ilmu Falak IAIN Walisongo, beliau adalah orang yang pertama kali ayahku hubungi demi mendapat informasi mengenai ilmu Falak di IAIN Walisongo.

Dari event tersebut kemudian melahirkan sebuah komunitas sebagai wadah upaya pemersatu dalam bidang ilmu Falak yang berkaitan dengan ibadah, seperti penentuan awal bulan Qamariyah, arah kiblat, waktu shalat dan lain sebagainya, sekaligus upaya membumikan dan mengembangkan keilmuan, baik ilmu Falak maupun astronomi.
komunitas itu lahir dengan nama Asosiasi Maestro Astronomi dan Ilmu Falak Indonesia Merdeka (ASTROFISIKA), yang diketuai oleh ketua umum terpilih Drs. AR. Sugeng Riyadi yang merupakan Direktur CASA, dibawah naungan pembinaan yang diketuai oleh Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag.

begitu panjang rekam jejak selama 2 hari semalam yang sebenarnya terlalu singkat.. semoga berkah dan manfaat.. memang, jangan mudah puas dengan apa yang sudah didapat.. terus gali, gali dan gali.. cari, cari dan cari..
dalam keilmuan, semangatlah seakan-akan hidup seribu tahun lagi.............. :)

dan semoga, kegiatan-kegiatan berikutnya sudah menunggu untuk siap aku jajaki....

selalu ingat 100 targets -also with Allah's favor

1 komentar: