animasi bergerak gif
Gaara

Kamis, 15 November 2012

kunang-kunang

Kalau malam ini kita tatap langit, siapa yang berani jamin kita bisa lihat langit malam berwarna hitam bersih dengan gemintang bertabur menghiasi, apalagi kalau kita domisili kota. Hheum...... coba kita flashback beberapa tahun ke belakang, dimanapun kita berada, langit malam yang dilihat pasti sama : HITAM BERSIH. Gemintang pun dengan anggunnya berkelap-kelip menghiasi, menyapa para penghuni langit dan bumi.
Tak ketinggalan juga binatang malam pun, katakan seperti kunang-kunang, ia pun seakan ikut meramaikan kehidupan langit malam yang hitam dengan cahaya yang dihasilkannya.
Melalui sel pemantul cahaya yang mengandung banyak senyawa luciferin, senyawa tersebut bereaksi dengan bantuan enzim yang disebut luciferase dan bereaksi dengan oksigen. Hasil dari reaksi tersebut menghasilkan energi yang timbul sebagai cahaya yang dibantu oleh senyawa NO (Nitrogen Monoksida) sebagai penghantar sinyal. Sistem kerja syaraf akan mengatur perut kunang-kunang untuk mengeluarkan flash secara periodik dan teratur. Hasilnya terlihatlah kunang-kunang akan berkelap-kelip.
Berbicara tentang kunang-kunang, di negeri lembah gunung Fuji disana ada satu lagu berjudul Hotaru no Hikari (cahaya kunang-kunang) yang menjadi suatu budaya, dipersembahkan sebagai lagu perpisahan, dalam acara kelulusan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar