animasi bergerak gif
Gaara

Jumat, 04 April 2014

Pelatihan Teleskop Dadakan

Belum pernah terbesit sebelumnya dalam benak kami, mahasiswa Ilmu Falak semester 2 program reguler IAIN Walisongo secara langsung bisa ‘menyentuh’ sebuah teleskop. Kesempatan itu kemudian bisa kami rasakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2014. Dengan tanpa perencanaan sebelumnya atau bisa dikatakan secara mendadak, pelatihan teleskop diadakan atas instruksi dari dosen mata kuliah Fiqh Hisab Rukyah kami, Dr. K.H. Ahmad Izzuddin, M.Ag, yang bertempat di kediaman beliau.

Meskipun diadakan secara mendadak, pelatihan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB ini bisa dikatakan lancar dan sukses, karena pembimbing pelatihan teleskop, dalam hal ini kami dibimbing oleh Ali Maftukin, S.H.I, Sekjen Astrofisika sekaligus Staf Ahli Hisab Rukyah KEMENAG RI, sudah ahli di bidang teleskop. Selain itu antusiasme 28 orang peserta yang tak lain adalah mahasiswa Ilmu Falak semester 2 program reguler IAIN Walisongo, sangat tinggi untuk bisa menguasai teleskop menjadi faktor penunjang kelancaran dan kesuksesan pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan, pembimbing selain memberikan materi dasar mengenai teleskop, seperti pengenalan instrumen, pemasangan dan penyelingan serta tata cara pengoperasian teleskop, beliau juga meminta kepada peserta untuk praktek secara langsung. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai urut NIM, kemudian secara bergilir melakukan praktek mengoperasikan teleskop secara langsung.

       Setelah semua dirasa cukup paham, pembimbing pun mengakhiri pelatihan teleskop pada pukul 11.30 WIB. “Terima kasih kepada para peserta yang sudah mau meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan ini, semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian, semoga dapat bertemu di kesempatan lainnya”, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar